Persiapan sebelum iBOTA

iBOTA – Indonesian Beaches on the Air

Kegiatan Amatir Radio dari Pantai

iBOTA – Indonesian Beaches On The Air adalah Award/Penghargaan untuk kegiatan Amatir Radio Outdoor/Portable dari pantai. Kegiatan ini dikenal sebagai salah satu jenis DXPedition paling diminati di kalangan Amatir Radio di seluruh dunia. iBOTA adalah program yang sangat menyenangkan bagi mereka yang tinggal di wilayah pantai, selain dapat mempromosikan pantai di daerah mereka melalui Radio Amatir, kegiatan ini juga baik untuk ajang pembinaan Amatir Radio baik perorangan maupun berkelompok (Club Station). Mempromosikan pantai ke seluruh dunia juga sejalan dengan Visi Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yaitu “Menjadikan Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata kelas dunia”, bukti Amatir Radio Indonesia telah mampu berinovasi dan bersinergi dalam membantu program pemerintah di dunia pariwisata. Sejak diresmikan pada tanggal 15 Oktober 2021, geliat kegiatan DXPedition memancar dari area pantai gegap gempita dimana-mana di seluruh nusantara. Sambutan dari Pemerintah baik di Provinsi maupun Kabupaten/Kota juga sangat positif. Dukungan muncul juga dari para pejabat pemerintah kita yang juga anggota ORARI, ada yang terlibat langsung  dengan kegiatan, ada juga yang mendukung secara moril & materil. Beberapa amatir radio yang terdaftar di website iBOTA  adalah Bapak Gubernur Gorontalo Drs. H. Rusli Habibie, M.A.P. Callsign beliau adalah YG8RH, Bapak Thariq Modanggu, S.Ag., M.PdI. Bupati Gorontal Utara Callsign YF8TMC , dan Bapak Bupati Pelalawan H. Zukri Misran Callsign beliau adalah YC5NZU. Ini menjadi kebanggan bagi kita semua sebagai anggota ORARI atas dukungan dari para pemimpin baik para pemimpin organisasi maupun pemerintah untuk berkegiatan yang positif dan kreatif.

Persiapan

Beberapa hal penting sebelum aktivasi iBOTA

1.  Siapkan beberapa Photo pantai yang akan di aktivasi hasil jepretan sendiri untuk menghindari asal comot dari internet yang kemungkinan dilindungi Undang-undang hak cipta. Photo tersebut juga bisa di jadikan sebagai design QSL Card electronic yang biasanya menambah keren dan daya tarik serta minat sponsor juga chaser pada kegiatan/aktivasi kita. Sebelum tanggal aktivasi sebaiknya bisa di survey dulu, banyak yang bisa dilakukan jika tempatnya dekat, seperti mengecek ketersediaan listrik dan tempat berteduh dari panas dan hujan untuk keamanan perangkat radio dan perangkat Portable kita.

2.  Pastikan software loging (Logbook) kita bekerja, dicoba dulu sebelum hari H agar proses pile up di pantai nanti dapat dilakukan dengan mudah, Saya menggunakan iLOG V 1.0 yang memang dibuat khusus kegiatan DXPedition, mudah di install dan di pakai, dan sangat mudah mengganti Callsign. klo ga biasa dengan logbook di PC/Laptop bisa coba VLS Loger di android atau boleh juga manual catat di kertas yang telah terlebih dahulu di design dan diprint beberapa lembar tapi mungkin akan sedikit kerepotan, karena dari pengalaman kegiatan BOTA di Indonesia sekarang sangat luar biasa peminatnya. Rata2 pile up di daerah Jawa & Bali QSO’s bisa ratusan.

3.  Ajak beberapa teman amatir radio lokal agar kegiatan ada yang bantu dan semakin asyik klo di lakukan dengan teman teman dekat. Di samping menambah erat tali silaturahim juga bisa menjadi ajang latih diri untuk kondisi emergency.

4.  Pastikan semua gear dalam kondisi baik dan tidak ada yang ketinggalan, Pastikan juga jika menggunakan battery di re-charge dulu misalnya tidak ada ketersediaan listrik dilokasi kegiatan.

5.  Umumkan/Viralkan di Group2 dan Media sosial, Gabung group WA iBota dan Amatir Radio agar lebih ramai lagi yang jadi chaser saat aktivasi.

6.  Umumkan sesekali di sela2 pile up kepada teman2 untuk Register di web iBOTA dan segera mengkonfirmasi sebagai chaser jika sudah QSO. Ajak mereka Join ke group Whatsapp iBota untuk memudahkan kordinasi dan bertanya jika ada kesulitan. 7. Lakukan pemanggilan dengan tenang, tegas, sopan, dan jelas, berikut Panduan Singkat QRV iBOTA Activator 

BOTA FAQ (Frequently Ask Question)

Apa saja persyaratan untuk aktivasi BOTA?

Tidak ada persyaratan yang aneh-aneh, ini kegiatan khusus amatir radio jadi pastikan IAR (Izin amatir Radio) teman teman masih berlaku. Memancar pada Bandplan sesuai tingkatan IAR yang berlaku.

Apakah wajib menggunakan Callsign /P (Portable)?

Mari sama sama kita pahami bahwa setiap IAR itu punya alamat sehingga klo di operasikan di luar alamat yang tertera maka sebaiknya gunakan /P (Portable) contoh YC5YC/P. Sehingga kita bisa mengganti alamat atau grid locator sesuai tempat aktivasi kegiatan portable (Away from Home QTH) kita. Ini lah alasan kenapa saya punya beberapa profile di qrz.com. YC5YC & YC5YC/P

Apa itu Portable? Operasi ‘Portable’ biasanya ditandai oleh operator radio amatir yang menambahkan akhiran ‘/ P’ ke tanda panggilan mereka. Mengoperasikan ‘/ P’ biasanya berarti stasiun beroperasi jauh dari alamat stasiun berlisensi mereka. Source: Wikipedia

Bolehkah menggunakan Callsign Club Station?

Sebagai Chaser sangat boleh jika merujuk kepada aturan yang berlaku di negeri ini, Tentu saja dengan terlebih dahulu mendapat izin dari penanggung jawab Club Station berupa surat tugas resmi dari Ketua Orlok/Orda. Hanya ada satu kata Club Station pada Permen No 17 th 2018 bahwa Club Station termasuk kepada IAR Khusus (Pasal 10 ayat 1) yang di gunakan untuk keperluan Pengembangan dan eksperimen Amatir Radio dan lain lain (Pasal 13) Selanjutnya Club Station di atur khusus oleh ORARI pada SKEP-005/ORPUS/KETUM/II/2022 tentang PROSEDUR STANDAR OPERASIONAL PENYELENGGARAAN KEGIATAN STASIUN KLUB (CLUB STATION).

Note : Kenapa pakai Club Station? Salah satu kelebihan club station adalah dapat di gunakan bergantian selama even oleh beberapa orang (Anggota Club Station) dan IAR yang berlaku setingkat penegak sehingga cakupan Bandplan jauh lebih luas. Untuk kegiatan yang lebih besar dan lama, kita bisa mengajukan IAR khusus selain club station kepada SDPPI melalui ORARI.

Apakah boleh aktivasi BOTA di Pantai yang sama, dengan beberapa operator yang berbeda, dalam waktu yang sama?

Boleh, maksimal 6 Aktivator per/PANTAI per/HARI, masing masing melakukan pendaftaran aktivasi sebelum memulai kegiatan (QRV), jangan sebaliknya. Jika kegiatan duluan sebelum membuat aktivasi maka Chaser akan kesulitan mengkonfirmasi QSO (Add Chaser Log)

 

Cantumkan link sumber bila anda mengambil rujukan dari tulisan ini. Terimakasih 

Please share & 73

One Comment

  1. Pingback:DXPedition - Amateur Radio & DXPedition

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *