Indonesian Beaches On The Air

Banner iBOTA

Logo iBOTA
Logo iBOTA Official

iBOTA – Indonesian Beaches On The Air adalah Award/Penghargaan untuk kegiatan Amatir Radio Outdoor/Portable dari pantai. Kegiatan ini dikenal sebagai salah satu jenis DXPedition paling diminati di kalangan Amatir Radio di seluruh dunia. iBOTA adalah program yang sangat menyenangkan bagi mereka yang tinggal di wilayah pantai, selain bisa mempromosikan pantai di daerah mereka melalui Radio Amatir, kegiatan ini juga baik untuk ajang pembinaan Amatir Radio baik perorangan maupun berkelompok (Club Station). Mempromosikan pantai ke seluruh dunia juga sejalan dengan Visi Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yaitu “Menjadikan Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata kelas dunia”, bukti Amatir Radio Indonesia telah mampu berinovasi dan bersinergi dalam membantu program pemerintah di dunia pariwisata.

 

Apa saja yang perlu di persiapkan dalam berkegiatan DXPedition kategori iBOTA?

  1. Pendaftaran akun/Register

Pendaftaran membutuhkan Callsign Amatir Radio yang valid dan email aktif. Isi semua form yang diminta dengan benar, Username diisi dengan Callsign saja, lalu isi kolom Email dengan Email yang aktif. Email sangat penting untuk komunikasi awal calon anggota dengan admin dan system, semua notifikasi akan di kirim ke email dan juga sangat di butuhkan untuk me-reset saat kita lupa password.

Nomer HandPhone boleh diisi dan boleh tidak, tapi sebaiknya ini diisi agar admin bisa menghubungi dengan cepat jika suatu saat diperlukan. (Nomer HandPhone hanya bisa di lihat oleh admin, tidak akan di tampilkan di web untuk menjaga privasi anggota) Nama diisi dengan nama asli sesuai dengan yang tertulis pada  Izin Amatir Radio (IAR). About boleh diisi dengan keterangan Lokal atau ORDA, Jabatan di Organisasi, dan keterangan tambahan yang dirasa perlu. Pada kolom Password diisi dengan kombinasi angka dan huruf yang mudah di ingat, bisa juga menggunakan satu password untuk semua akun agar tidak lupa. Isi semua kolom dalam form dengan data yang benar, karena registrasi akan di tolak jika admin menemukan data yang tidak benar.

Satu Akun untuk semua

Logo iBOTA Sunset
Logo iBOTA Sunset

Setelah proses registrasi di-approve (disetujui) oleh admin, maka Anda sudah bisa login di semua website milik DXPortable menggunakan username/callsign dan password yang sama.
Meskipun login sama di semua website namun pengaturan photo profile & poin tetap terpisah (masing-masing), silahkan mengganti photo profile setelah login terlebih dahulu di masing masing website, photo profile boleh di samakan atau berbeda di semua web (semua link ke produk DXPortable ada di bagian FOOTER, scroll paling bawah semua website), Apabila photo profile  tidak di ganti maka profile akan menggunakan avatar standar (default). Cara mengganti nya adalah : klik Profile lalu pilih tab Edit. Menu ini memberikan kita keleluasaan untuk mengganti Nama, Email, Password, About, Country, Photo profile, & Cover Photo (ukuran Photo adalah 730px X 184px)

 

I. Fungsi menu yang ada di Profile

A. View

  1. Logo iBOTA Sunrise
    Logo iBOTA Sunrise

    Upload Log : Fungsinya nya adalah untuk mengupload log Aktivator, Sistem hanya menerima file ADIF (Amateur Data Interchange Format). Di semua program DXPortable termasuk iBOTA, Aktivator wajib mengupload log setelah selesai aktivasi. Cara mengupload file log adalah dengan masuk ke Profile di web menu kanan atas lalu klik Upload Log, selanjutnya dari Select Activation pilih aktivasi yang sesuai dengan log yang akan di upload, lalu pilih file ADIFnya dari tombol Choose File, lalu klik Upload Log. Kalau proses upload berjalan dengan baik akan keluar notifikasi Upload Success! Pertanda log sudah berhasil di upload.

  2. Username Change Request : Hanya untuk mengganti Username (Callsign) saat naik tingkat atau berganti callsign , wajib melampirkan IAR yang di download dari website SDPPI dengan keterangan Sudah lulus.
  3. Beach Trade : Menu transfer kepemilikan Pantai (Trading) atau Jual beli pantai. Harganya tergantung kesepakatan pemilik dan pembeli, akan ada biaya transaksi 100 Gems setiap transaksi yang akan di potong dari akun pemilik pantai. Pembayaran di lakukan pembeli sesuai kesepakatan melalui fitur Donate gems to other users.
  4. Badges : Di bawah Edit ada badge Admin dan Premium Members, kedua badge bisa di klik untuk melihat detail dan mengaktifkan badge.
  5. Detail Profil : Berisi informasi yang bisa dengan leluasa di edit oleh pemilik akun.
  6. Membership Points : Berisi total Gems (Jika member adalah sponsor) Poin global Roll Of Honor, Sponsor, Activator, Chaser, serta poin Activator & Chaser Band 2M (VHF)
  7. Donate Gems to other users : Fitur ini di gunakan untuk transfer Gems ke sesama user, minimal sisa 300 Gems setelah transfer, tidak ada batasan jumlah transfer. Tinggal isi jumlah dan target (user) yang akan di transfer lalu klik Donate
  8. Activations : Daftar aktivasi kita dan nyambung ke tab Activation jika di klik More
  9. Beaches Sponsored : Daftar Pantai yang kita miliki (yang kita sponsori) dan nyambung ke tab Beaches jika di klik Pantai yang kita sponsori berlaku 1 tahun sebelum expired dan bisa di ambil alih oleh orang lain klo sudah expired (Masa berlaku bisa di lihat dengan mengklik nama Pantai), tapi juga bisa di perpanjang. Pantai akan terus menghasilkan poin Roll Of Honor jika di aktivasi oleh siapapun dan terjadi konfirmasi QSO antara Activator dan Chaser.
  10. Awards Received : semua award yang pernah kita terima bisa di lihat di sini dan bisa di Print (Save as PDF). Award yang muncul disini di-generate secara atomatis oleh sistem ketika poin kita mencapai target, misalnya : Award Chaser 10. Award ini akan muncul jika poin chaser kita sudah mencapai minimal 10 poin. Begitu juga award award yang lain.

B. Activations : Berisi semua daftar Aktivasi kita

C. Beaches : Berisi semua daftar Pantai yang kita miliki atau kita Sponsori

D. Reports : Berisi logbook atau semua daftar QSO kita yang terkonfirmasi saja, baik sebagai Aktivator maupun sebagai Chaser.

E. Log : Berisi logbook atau semua daftar QSO kita yang terkonfirmasi maupun yang tidak, baik sebagai Aktivator maupun sebagai Chaser.

F. Awards : Berisi daftar awards yang sudah kita terima, untuk Cetak/Print silahkan kembali ke tab View bagian paling bawah

G. Message : Fitur berkirim pesan sesama users (Members)

H. Edit : Berfungsi untuk ganti photo profile, cover photo, ganti password, dan lain-lain.

II. Fungsi User Menu

1. Add new event : Berfungsi sebagai papan pengumuman pengganti Activation Announcement dengan beberapa fitur tambahan. Untuk membuat New Event adalah dengan meng-klik Add New Event, Anda akan di minta untuk login ke website www.dxportable.com. Setelah login berhasil, klik ulang add new event di USER MENU DXportable, lalu isi semua data dengan benar. Pilih Event image , boleh berupa flyer, banner, photo lokasi, atau materi promo event. Isi Nama, selanjutnya Callsign Used adalah callsign yang akan kita pakai saat aktivasi atau saat QRV, bisa saja kita pakai callsign DXPedition (/Portable, /Call Area) atau IAR Khusus. Nomer HandPhone dan Email berfungsi sebagai kontak yang bisa di hubungi bila orang perlu kordinasi terkait event anda, lalu pilih salah satu type event. Board ini bisa di pakai hampir untuk semua event Amatir Radio seperti ONN, SES, Contest dan sebagainya. Isi tanggal dan waktu, Frekuensi dan Mode, serta sedikit keterangan di Deskripsi lalu klik Save setelah memastikan semua data yang di minta benar. Event kita akan muncul di EVENT ANNOUNCEMENTS di homepage DXPortable, scroll kekanan untuk melihat Detailnya. Semua orang bisa melihat wall event dengan detail yang kita isi di Form saat registrasi New Event sebelumnya.

Apa yang special dengan Board Event ini?

Perhatikan setelah detail event bagian bawah ada Chaser Callsign form untuk menambahkan Callsign yang terdengar saat panggilan umum di pile-up. Fungsinya adalah sebagai pengganti kertas catatan callsign yang sudah terdengar oleh NCS/Activator dan masuk antrian untuk di panggil. Bedanya dengan kertas, catatan ini bisa di lihat langsung oleh para Chaser secara live tanpa harus me-refresh halaman, jadi saat Activator menginput satu callsign dan yang bersangkutan lihat maka amatir radio tersebut akan tahu bahwa callsignnya sudah masuk daftar panggil dan tidak perlu rebutan atau memanggil kembali secara berulang. Hal ini di harapkan bisa mengurangi transmisi yang saling bertumpuk dan juga memberi kesempatan pada rekan amatir radio yang lain agar lebih mudah terdengar oleh NCS/Aktivator.

Tugas aktivator hanya perlu membagikan link event nya di sosmed atau umumkan saat mulai QRV. Callsign yang sudah di input oleh Activator/Operator masih bisa di Edit dan di Delete oleh pemilik event secara realtime, bila terdapat kesalahan ketik. Tombol Move berguna untuk memindahkan Callsign yang sudah QSO/Logged pindah ke Tabel Logged Callsign dibawahnya. Logged Callsign juga berfungsi sebagai logbook cadangan apabila ada callsign yang terlewati. Link event bisa di buka oleh siapapun tanpa harus login ke web dxportable, namun untuk bisa meng-create atau membuat event hanya bisa di lakukan oleh member atau user DXPortable dan harus login.

2. Add an activation : Fitur ini sangat penting bagi aktivator, karena diharuskan membuat aktivasi sebelum QRV atau memancar. Yang wajib diisi adalah memilih pantai di form Pantai yang akan di aktivasi harus di registrasi terlebih dahulu untuk muncul di daftar pantai. Untuk registrasi Pantai harus ada Sponsor karena fitur Registrasi Pantai hanya ada di akun Sponsors. Untuk menjadi sponsor harus membeli Gems di Shop, tapi bisa juga request ke sponsors yang sudah terdaftar (Lihat Tab Sponsors di web) Cari sponsor Lokal atau yang domisili paling dekat dengan Pantai yang akan di aktivasi. Setelah pilih pantai baru isi Tanggal dan Waktu, Callsign Used adalah Callsign yang di pakai misal YC5YC/P, atau YC5YC/7, atau IAR Khusus. Sampai disini sudah cukup dan boleh langsung di Save.

Note : Pantai/Program hanya bisa di aktivasi oleh maksimal 6 Aktivator/hari

Additional Data :

Boleh di tambahkan Activation Image dengan photo Pantai, flyer kegiatan, dll.  Remarks adalah keterangan singkat yang berhubungan dengan aktivasi, promo pantai, atau apa saja, mohon cantumkan link atau sumber jika meng-copy dari suatu web di internet. Youtube video boleh diisi dengan link video dari Youtube yang berhubungan dengan Pantai yang akan kita aktivasi.

3. Add Spot : Fitur ini sama dengan Cluster untuk Spotting misal kita selesai QSO dengan suatu Aktivasi dan kita berniat mengumumkan ke semua users. Pertama pilih Activation dari daftar (Hanya aktivasi hari/tanggal yang sama yang muncul disini). Jika hari ini tidak ada aktivasi maka tidak akan ada daftar yang muncul. Isilah Callsign activator, isi juga Frekuensi, Mode, dan pilih jenis Eventnya lalu klik Save

4. Add Chaser Log : Sesuai namanya, menu ini adalah fitur untuk Chaser menambahkan detail percakapan setelah berhasil QSO dengan Activator. Form paling atas adalah Activator Callsign diisi dulu sesuai Callsign yang di pakai Activator, misalnya YC5YC/P, YC5YC/2, dan seterusnya. Pada Select Activation otomatis akan muncul list Aktivasi yang sedang berlangsung maupun yang sudah berlalu oleh Activator tersebut, pilih salah satu, lalu lanjutkan dengan memilih Band yang sesuai. Selanjut nya isi Frequency ketik contoh 7135 kHz atau bisa juga 7.135 MHz. Frekuensi tidak perlu sama karena tidak termasuk data yang akan di matching oleh sistem. Pilih Mode, data ini wajib diisi karena dipakai untuk matching. RST Sent & RST Received berguna untuk data iQSL, dan wajib diisi. Sampai pada kolom Your Callsign atau Station_Callsign, isilah dengan Callsign kita sendiri (Sebagai Chaser). Date tinggal pilih dan sesuaikan dari table. Lalu Time caranya di pilih dari atas ke bawah JAM, MENIT, DETIK sesuaikan dengan jam QSO dalam format UTC. Propagation dipilih hanya untuk QSO Mode Satellite, lalu isi Satellite Name contoh IO-86, SO-50, AO-91, dan seterusnya. Untuk QSO Non Satellite, Mode QSO, Propagation dan Satellite Name dikosongkan saja.

5. My Chaser Logs : Fitur ini di buat khusus untuk melihat Logbook total Chaser Logs kita, baik yang terkonfirmasi (Confirmed) maupun yang tidak terkonfirmasi (Unconfirmed). Slider bisa di geser ke kanan untuk melihat bar STATUS dan ACTION, misalnya kita masih boleh mendelete QSO yang belum terkonfirmasi untuk di add ulang bila ada data yang salah. Perhatikan dengan seksama banyak sekali fitur yang bisa Anda setting sesuai kebutuhan, misalnya dengan mengklik bar STATUS maka status akan berganti menampilkan status yang berbeda. Sebagai contoh, kita mau mencari log yang belum terkonfirmasi untuk diperiksa ulang. Susunan log akan berubah sesuai keinginan kita, Begitu juga kita bisa menampilkan berdasarkan tanggal yang terbaru atau terlama paling atas di halaman pertama dengan mengklik bar QSO-DATE Show adalah pilihan untuk menampilkan berapa banyak Logs dalam 1 halaman, pilihannya 10 data, 25 data, 50 data, 100 data. Logs juga bisa di Search (Find/Cari)

6. Sponsor a Beach : Fitur ini hanya muncul di profil User yang punya Gems minimal 300 points (Sponsor). Semua users yang ada di Halaman Sponsor bisa melihat dan menggunakan Fitur ini. Gunanya adalah untuk meregistrasi Pantai sebelum pantai tersebut bisa di aktivasi. Pada awal pengisian form Beach Name isilah nama Pantai dengan benar sesuai dengan yang di kenal masyarakat, boleh menggunakan sebutan Pantai atau Beach, pilih yang paling sering di gunakan oleh masyarakat setempat. Jangan menambah nama kota dan embel-embel lain. Buatlah nama Pantai seakurat dan sependek mungkin. Jangan menggunakan full capslock, Ketik dengan tata bahasa yang baik dan ejaan yang di sempurnakan. Latitude & Longitude adalah kordinat Pantai yang di maksud, kordinat bisa dicari menggunakan Google Maps. Ketik nama Pantai lalu setelah ketemu klik kanan pada lokasi Pantai tersebut, lalu klik kordinat (deretan angka yang muncul) paling atas dan copy-kan ke Notepad. Angka yang di depan dan belakang koma adalah Latitude dan Longitude. Setelah itu isi/ketik nama Kota/Kabupaten di Isi kolom Province dengan nama Provinsi, lalu pilih Negara di kolom  Country. Pastikan pada saat mengisi Sponsor jangan sampai salah, caranya adalah dengan memilih tapi di ketik dulu Callsign kita, kawan kita, atau orang lain yang akan kita beri hadiah (Pantai bisa di hadiahkan), pada saat muncul pilihan callsign di bawahnya,klik callsign yg di maksud. Relevant Information adalah copywriting yang berisi info tentang pantai yang kita registrasi, buatlah selengkap mungkin dengan gaya tulisan yang bernilai promosi yang akan membuat orang tertarik untuk berkunjung ke pantai tersebut. Beach Photo adalah photo pantai yang sebaiknya kita ambil sendiri, tapi bisa juga mengambil dari  internet, namun pastikan untuk mencantumkan Source di info, agar tidak terkena pasal Copyright. Youtube Video bisa cari di youtube, video paling menarik dan paling lengkap info pantainya lalu copy-kan serta share linknya di form tersebut. Terakhir jangan lupa klik Create.

Pantai valid selama 1 tahun sejak di registrasi dan sponsor di utamakan untuk user yang berdomisili paling dekat dengan pantai tersebut. Hal ini sangat penting agar jika terjadi sengketa di antara para sponsor kita punya pedoman penyelesaian masalahnya.

III. TOP Menu (SITE MAP) dari kiri ke kanan

Menu ini adalah menu Pencarian Pantai yang sudah di registrasi (Ada sponsor) di IBOTA. Ada banyak Form pilihan sehingga bisa di custom sesuai selera kita diantaranya :

  • Beach Name : Ketik nama pantai sebagian atau kalau perlu sepenuhnya
  • City, Province, dan Country : Bisa mencari berdsarkan Lokasi Kota, Provinsi, atau Negara
  • Reference Number, misalnya apabila hanya ingat nomor pantai nya, bisa di ketik di kolom ini, atau bisa juga dengan mengisi semua dengan tepat lalu klik Apply

Di bagian bawah akan tampil 10 pantai per halaman secara acak, di bawahnya lagi ada nomer halaman yang bisa di klik , atau klik panah kiri atau kanan untuk pindah per-halaman

Awards adalah halaman penghargaan dimana kita bisa melihat type award apa saja yg tersedia di sistem IBOTA , klik nama masing-masing awardnya maka akan muncul list penerima award sesuai urutan lengkap dengan nomer registrasi awardnya.

  • Leaderboard

Leaderboard adalah urutan suatu jenjang score atau point yang di mulai dari peringkat pertama hingga paling akhir berdasarkan jumlah tertentu yang di tentukan oleh sistem dan ditampilkan pada Menu, sehingga semua user bisa melihat siapa user terbaik dengan score terbaik yang ada di sistem. Berikut beberapa type Leader yang ada di IBOTA dan penjelasannya :

1.Roll Of Honors

Roll Of Honors adalah list Top Sponsors dengan Pantai atau Program paling produktif, Setiap pantai milik sponsor yang di aktivasi juga mendapatkan 1 poin dari setiap QSO yang terkonfirmasi antara Activator dan Chaser. Oleh sebab itu  poin Roll of Honor bernilai paling tinggi karena setiap kali Pantai di aktivasi akan terus menghasilkan poin. Disini perlu strategi para pemilik pantai agar Pantai mereka bisa terus di aktivasi oleh para Penggiat DXPortable agar bisa menduduki posisi puncak Roll of Honor. Jeli melihat Pantai atau spot yang produktif juga jadi bagian dari strategi cepat meraih poin.

2.Top Activators

Top Activators adalah list 50 aktivator terbaik dengan urutan skor tertinggi dari atas yang ada di  system IBOTA. Skor atau poin di generate dari tiap konfirmasi QSO dengan Chaser/Hunter. Karena setiap aktivasi seorang aktivator wajib mengupload semua log QSO nya dalam bentuk ADIF File.

 3.Top Chasers

Top Chasers adalah daftar  50 Chasers/Hunters terbaik dengan urutan skor tertinggi yang ada di  sistem IBOTA. Skor atau poin di-generate dari tiap konfirmasi QSO dengan Aktivator. Chaser di harapkan dapat mengkonfirmasi QSO dengan cara Add Chaser Log

4.Top Sponsors

Top sponsor adalah daftar 20 Sponsor terbaik dengan Pantai/Program terbanyak di urutan teratas. Setiap Registrasi Pantai/Program sponsor akan mendapat 1 poin. Point ini harus selalu matching dengan jumlah Pantai kita yg bisa di lihat di Profile – Beaches/Programs

5.Top Rating Activations

Sesuai dengan namanya, daftar adalah list 20 Activators yang mendapat rating Bintang 5 (5 Stars) pada aktivasinya secara akumulasi lifetime. Cara mendapatkan rating adalah dengan meng-share link aktivasi ke Media Sosial atau Group WA. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi aktivasi kita apakah perlu dilakukan perbaikan. Selain memberi rating sesuai kualitas aktivasi user juga bisa memberi komentar dan juga melihat daftar chaser yang yang sudah terkonfirmasi pada aktivasi tersebut dari list Chaser Reports

  • Shop

Shop adalah tempat dimana pengguna bertransaksi membeli produk DXPortable secara sukarela (bukan paksaan dan keharusan). Kegiatan Activator dan Chaser tidak membutuhkan transaksi apapun di Shop. Sebelum transaksi pastikan sudah mengerti dan paham semua aturan yang berlaku.

1.Get Premium!

Fitur Premium di desain khusus bagi para Donatur yang ingin mendukung kegiatan DXPortable secara financial. Premium Membership akan mendapatkan beberapa fasilitas premium seperti, Tanpa Iklan (Ads) dengan akses web lebih cepat di semua server milik DXPortable Amatir Radio, Memberships Badge, dan Sertifikat, juga akses ke Premium IQSL.

2.Gems Shop

Gems Shop di web IBOTA khusus untuk me-refill Gems Poin. Untuk menjadi sponsor diperlukan Gems Poin yang bisa di-refill di shop. Klik Gem Shop lalu pilih type Gems dan isilah Quantity lalu klik Buy.  Akan terbuka halaman No Rekening lokal, e-Wallet, dan Paypal. Silahkan transfer atau lakukan pembayaran, screenshot bukti pembayaran, upload melalui tombol Choose File dan klik Upload. Tunggu sampai Admin menyetujui transaksi anda. Gems bisa di pakai di semua program DXPortable dan bisa di beli dari semua web milik DXPortable Amatir Radio. Proses ini sangat memudahkan, misalnya hendak me-registrasi Gunung di IPOTA tetap bisa melakukan pembelian Gems di web IBOTA atau ISOTA dan DXPortable.

3.Donate (Paypal)

DXPortable menyediakan rekening Donasi ke Paypal @botaindonesia , karena namanya adalah Donasi, maka  tidak ada ketentuan apapun, dan tidak mendapat apapun juga. Yang dibutuhkan hanya keikhlasan dan di pastikan di gunakan untuk kepentingan perkembangan semua Program DXPortable Amatir Radio. Klik Donate (Paypal) , lalu Login ke akun Paypal Anda, lalu klik Kirim, tentukan mata uang lalu isi sesuai keinginan, isi tujuan atau maksud pembayaran misal : Donasi lalu klik Lanjutkan

  • Honorables
  1. Sponsors

Halaman Sponsors menampilkan user yang punya Gems lebih dari 300 points, yang kita sebut sponsor (Urutan teratas adalah Sponsor dengan Gems paling banyak). Hal ini untuk memudahakan Activator yang belum mendapat sponsor apabila perlu meregistrasi Pantai atau Program lain yang akan di aktivasi, pilih sponsor dari area yang sesuai atau paling dekat dengan tempat yang akan di registrasi. Misalnya untuk meregistrasi pantai di Jawa Timur mintalah kepada sponsor dari rekan di call area 3, Bali minta ke Sponsor rekan dari  Call Area 9, begitu seterusnya. Jika masih ada kesulitan silahkan hubungi Admin, lihat contact admin di web footer.

  1. Premium Users

Halaman ini menampilkan semua Premium Users. Cara registrasi silahan check keterangan (D1) Atau bisa langsung ke Shop

Halaman ini berisi pertanyaan yang biasa atau sering di tanyakan dalam bahasa inggris untuk membantu member luar negeri memahami system dan program DXPortable.

  • More

Halaman ini berisi banyak informasi tentang peraturan, petunjuk, perjanjian, harapan, serta persyaratan menjadi anggota DXPortable.

  1. About

Berisi info tentang profile DXPortable Amatir Radio, kaya Legalitas, Official, dan sebagainya.

  1. Blog

Blog berisi kumpulan artikel singkat

  1. Partners

Halaman ini berisi info semua link Partners & Program DXPortable

  1. Privacy

Halaman ini berisi komitmen DXPortable Amatir Radio untuk menjaga Privasi pengguna internet agar merasa nyaman dengan informasi yang di share oleh pengguna. Silahkan di pelajari dengan seksama agar semua pihak merasa nyaman.

  1. Simple Rules

Berisi beberapa peraturan yang wajib di patuhi oleh pengguna/user

  1. Code of Conduct

Berisi harapan dan panduan bagaimana bersikap dengan sesama pengguna DXPortable Amatir Radio Program.

  1. Terms & Conditions

Berisi syarat dan ketentuan penggunaan layanan DXPortable Amatir Radio, baik transaksi keuangan, kebijakan pengembalian (Refund), Isi/Materi dan Hak Cipta, Akun, Kekayaan Intelektual, Skorsing dan Penghapusan. Mohon di pelajari degan baik sebelum bergabung dan mulai menggunakan layanan DXPortable Amatir Radio.

  1. Media Usage Guidelines

Berisi panduan penggunaan media promosi seperti logo, merk dagang, dan nama. Silahkan di baca.

  • Follow Media Sosial


Facebook Fanspage : IBOTA – Indonesian Beaches On The Air
Facebook Group : Indonesian Beaches On The Air
Instagram : @DXPortable
Twitter : @DXPortable
Telegram Support Group : Join Here!

5 Comments

  1. Pingback:DXPortable Amatir Radio - Amateur Radio & DXPedition

  2. Pingback:Persiapan sebelum iBOTA - Amateur Radio & DXPedition

  3. Pingback:Panduan Singkat QRV – BOTA Activator - Amateur Radio & DXPedition

  4. Rudy jaya suganda

    Mantap perangkat radionya mantab operator NCSnya

  5. Orari semakin Keren dan jaya selalu jangan kendor demi Organisasi Amatir Radio

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *