Ibukota Nusantara (IKN) Hunters Winner

Kegiatan iPOTA – Indonesian Parks On The Air Ibukota Nusantara (IKN) YB/KI-P052  – Checkpoint Rumah Bupati Panajam Paser Utara berlangsung meriah dengan hadirnya Para Amatir Radio senior dari seluruh Indonesia dan Kalimantan khususnya. Kegiatan dihadiri beberapa Ketua ORARI Lokal dari beberapa kota dan kabupaten diantaranya tuan rumah OM Rohadiyanto – YC7UQT  Ketua Lokal Penajam Paser Utara, OM Senja Reuny – YC7VDS Ketua Lokal Balikpapan, dan OM Agus Budiarto – YB7MP Ketua Lokal Tabalong.

Kegiatan yang di gagas oleh OM Agus – YB7VAS Kordinator DXPortable Amatir Radio Kalimantan Timur ini bertujuan  untuk menjalin silaturahim sambil Camping bagi kawan kawan se-hobby, sesama Amatir Radio di Kalimantan Timur. Semua undangan hadir kecuali Ketua ORARI Daerah Kalimantan Timur OM Ilmuddin Aji – YB7UN karena sedang mengikuti kegiatan budaya di daerahnya. Beliau di wakili oleh Ketua Lokal Penajam Paser Utara yang membawa pesan terkait ketidak hadiran beliau.

Persiapan dimulai dari Base Camp DXPortable di Jl. A Wahab Syahranie Gg Kejaksaan Kota Samarinda pada hari Jumat, 9 Desember 2022. Langsung menuju rumah singgah Bupati Penajam Paser Utara untuk mendirikan tenda dan instalasi beberapa antena Portable buat kepentingan kegiatan aktivasi iPOTA IKN (YB/KI-P052).

Mobil Bus Pariwisata DXPortable yang telah di modifikasi untuk membawa antena Tubing Rotary Dipole 40M Band Fullsize mendapat prioritas lebih dahulu karena selalu menjadi antena utama disetiap kegiatan DXPortable Kalimantan Timur. Bus Pariwisata 3/4 DXPortable ini juga dilengkapi dengan Hydraulic Pneumatic Telescopic Mast Telecommunication Tower dan terus menerus menjadi pusat perhatian kawan kawan Amatir Radio disetiap kegiatan DXPortable Kalimantan Timur. Canggih dan sangat efisien untuk mendukung semua kegiatan Portable yang berbasis Outdoor (Kegiatan luar ruangan) atau Field Amateur Radio Operation. Dari percakapan dengan OM Agus – YB7VAS dalam waktu dekat ini DXPortable Kalimantan Timur akan menambah koleksi antena type dan bahan yang sama untuk melengkapi kebutuhan aktivasi merata pada semua band Amateur Radio termasuk Band dengan Propagasi Stabil seperti 20M, 15M, dan 10M. Semua single band dan terbuat dari Tubing dengan system bongkar pasang.

Antena juga dipasang di Guesthouse no.1 dimana OM Dave – YC5YC menginap selama kegiatan dari tanggal 9 – 10 desember 2022.  Type antena yang dipasang adalah Delta Loop 15m. Dari Guesthouse ini Om Dave – YC5YC memancar 2 mode SSB & FT8.  Untuk melengkapi dan variasi mode RTTY  kawan kawan panitia juga memasang 1 antena wire 40M Fullsize yang di operatori OM Arliansyah – YD7UDD.

Tenda Aktivator dan para tamu juga disiapkan, tidak lupa tenda Dapur (Kithcen) juga dipasang dengan sangat cepat sehingga ketersediaan makanan, cemilan, teh, & kopi tidak pernah kurang. Bahkan minuman khas Sulawesi Saraba besutan om Gusti – YB7UK pun dihadirkan.  Om Gusti – YB7UK adalah  seorang amatir super, serba bisa yang akan selalu dirindukan kehadirannya disetiap kegiatan outdoor. Kepribadian beliau yang asyik dan sangat humoris juga menambah syahdu kegiatan. Intinya klo ga mau lapar Om Gusti – YB7UK dan mobil Panthernya jangan sampai ketinggalan.😜

Lokasi Rumah Singgah Bupati Penajam Paser Utara ini terletak di ketinggian sehingga viewnya juga luar biasa, dilengkapi dengan Helipad untuk para VVIP yang berkunjung. Dari lokasi ini kita bisa melihat mess para pekerja IKN. Saat ini akses masuk ke Titik Nol juga sudah mulai di batasi karena proyek sudah dimulai dan sedang di kerjakan hampir 24jam setiap harinya. Dibantu kawan kawan RAPI – Radio Antar Penduduk Indonesia Lokal Sepaku kami diijinkan masuk sekedar membuat photo bersama dan meninggalkan jejak hihi… Terlepas dari kontroversi rencana pembangunan IKN kami mewakili masyarakat Amatir Radio DXPortable Amatir Radio terus mendoakan yang terbaik bagi para pemimpin kita dan Rakyat Indonesia terutama Masyarakat Kalimantan Timur. Aamiin.

Para Chaser Terbaik yang berhak atas 3 Plakat Mewah persembahan DXPortable Kalimantan Timur adalah sebagai berikut :

 

  1. Atik Sutarti – YB3ATK (Pre-031) 22 confirmed Qso
  2. I Putu Kariasa – YF9FCO (DXP-244)  22 confirmed Qso
  3. Hermanto – YD7ONI (Pre-025) 20 confirmed Qso

Aktivasi Ibukota Nusantara (IKN) YB/KI-P052 total QSO sebanyak hampir 1500 Qso’s dengan jumlah QSO yang terkonfirmasi hanya sekitar sepertiga yaitu 500+ Qso’s saja, semoga kawan kawan semakin paham bahwa mengikuti kegiatan DXPortable itu ada rules yang harus diikuti, salah satunya adalah mengkonfirmasi QSO di DXPortable. Untuk iPOTA IKN YB/KI-P052 wajib Add Hunter Log di Website iPOTA 

Selamat dan Sukses buat para pemenang, semoga tetap semangat terus dalam berkegiatan dan terus berbagi tentang DXPortable dengan sesama Amatir Radio. Buat yang belum menang tetap semangat ya..!!!

Terimakasih buat OM Agus – YB7VAS dan DXPortable Amatir Radio Kalimantan Timur atas kegiatan yang luar biasa menyenangkan dan sangat bermanfaat. Semoga om Agus tetap sehat, murah rejeki, dan terus semangat berbuat untuk Organisasi Amatir Radio Indonesia.

Kami atas nama semua Crew dan Activators yang bertugas mohon maaf jika dalam pelaksanaan terdapat kekurangan, yang akan datang kami pasti jauh lebih baik, Ikuti terus ya kegiatan DXPortable Kalimantan Timur :

  1.  Agus Suwandy – YB7VAS
  2.  Riduan – YC7VBA
  3.  Gusti – YB7UK
  4.  Agus Triyono – YB7UFO
  5.  Ady – YC7USM
  6.  Dirhamsyah – YB7YD
  7.  Yuspi – YC7UPZ
  8.  Darmansyah – YD7VHO
  9.  Arliansyah – YC7UDD
  10.  Ichwansyah – YB7VBD
  11.  Ahan Akbar – YC7UVB
  12.  M Yasin – YB7MYS
  13.  Agus Budiarto – YB7MP
  14.  Sugeng Santoso – YD7VNV
  15.  Syaifullah – YB7XN
  16.  Dave – YC5YC/7

The rest of the DXPortable Kalimantan Timur Dream Team

Ibram Rosaly Fadli – YC7USF, Marhat – YD7UBV, Zulkarnain – YB7WKX, Budi – YC7VGO, Welly – YD7YBW, Nani – YD7UPG

Sampai jumpa Next Activation…

4 Comments

  1. Tks om dave sangat menginpirative sehingga kami semangat ut trips yang selanjutnya salam terbaik ut om dave mohon maaf apabila dalam pelaksanaan DCPortabel di titik Nol ada kekurangan mohon domaafkan semoga om dave YC5YC selalu sehat dan sukses dalam aktivitas GBU by de yb7yd

  2. PF IKN dxportablè…. all of you
    Bravo bravo bravo. 73.

  3. Bravo… Bravo… Bravo… DXPORTABLE..
    IPOTA IKN..

  4. Alhamdulillah terbilang sukses acara IPOTA IKN walaupun penuh dengan pernak pernik nya, terima kasih untuk om Davidcy YC5YC yang selalu suport kami dalam event ini. Salam sehat selalu om Davidcy. De YC7VBA 73

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *